1. Sistem Informasi Manajemen
(SIM) Pendidikan
-
Sistem informasi manajemen
pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi
teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali
data dalam rangka mendukung proses pendidikan.
-
Sistem informasi institusi pendidikan
1.
Sistem Informasi
Akademik (Registrasi
Mahasiswa Baru)
2.
Sistem Informasi
Ketenagaan
3.
Sistem Informasi Sarana dan Prasarana
4.
Sistem informasi
Penelitian
5.
Sistem Informasi
Pengabdian Pada masyarakat
6.
Sistem Informasi
Kemahasiswaan dan Alumni
7.
Sistem Informasi
Perpustakaan
-
Dalam konteks
pengelolaan fasilitas sekolah, SIM membantu pimpinan sekolah untuk memetakan bagian mana dalam fasilitas sekolah
yang diperlukan atau dianggap kurang. SIM berperan penting dalam pendataan
inventarisasi fasilitas sekolah termasuk didalamnya bagaimana alur perijinan
fasilitas tersebut itu dibuat.
2. Implementasi teknologi informatika dalam perspektif
pendidikan
-
Keuntungan diterapkannya teknologi informasi disebuah organisasi
antara lain: organsasi dapat menyimpan dokumen dalam memory computer, lebih
praktis, file/dokumen dapat tersusun secara rapi
-
Dengan adanya TI maka pengiriman surat dari e-mail jauh lebih murah
dibandingkan dengan pengiriman surat secara manual yang membutuhkan waktu lebih
lama dan mahal harganya,
adanya call center secara online bagi para
pelanggan yang ingin menyampaikan complain atau menanyakan informasi tentang
produk dan jasa yang ditawarkan.
-
TI digunakan untukmenghasilkan keuntungan melalui sistem informasi. Contohnya
adalah sistem informasi kepegawaian, TI digunakan untuk
memperoleh customer atau pelanggan melalui jaringan internet serta wireless
(tanpa kabel). Hal ini semakin meningkatkan efektivitas kinerja organisasi.
-
Penggunaan TI dalam dunia
pendidikan
o
Sistem Informasi Akademik yang diterapkan oleh sekolah dan Universitas
untuk memudahkan siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan seluruh civitas akademika
melakukan transaksi di bidang pembelajaran.
o
Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan
teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan
pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada
siswa.
o
Penyediaan informasi tentang perkembangan studi siswa kepada Guru Wali
dan Orang Tua
o
Penyediaan informasi untuk mendukung pelaporan kepada Kantor Dinas
Pendidikan yang terkait dengan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Badan Akreditasi
Sekolah (BAS)
-
Dampak Positif penggunaat TI
o
kinerja organisasi lebih efisien karena teknologi informasi dapat
menghapus posisi penyambung komunikasi dari dua tempat yang berkepentingan.
o
siswa atau mahasiswa bisa melaksanakan pembelajaran dengan berbasis
internet yang biasa disebut dengan e-learning sehingga pembelajarannya
lebih praktis dan hasil atau mutu dari pembelajarannya tidak kalah bagus dengan
pembelajaran klasikal
-
Dampak negatif
o
terjadinya pengurangan tenaga kerja karena pekerjaan yang dulunya
dikerjakan oleh manusia sudah tergantikan oleh teknologi informasi yang akan menyebabkan menambahnya angka
pengangguran
-
Pembelajaran e-learning
o
e-learning adalah
suatu model pembelajaran secara konvensional yang dipadukan dengan teknologi
informasi sehingga mempermudah siswa dalam penerimaan materi ajar. Siswa bisa memilih sendiri model pembelajaran
o
Dampak
§ Peserta didik jauh bisa lebih mandiri, menunjukan perkembangan yang baik
§ diperlukan keahlian dalam menyediakan materi
pembelajaran yang menarik untuk digunakan melalui sistem e-learning dan
menggunakan fitur-fitur yang disediakan pada sistem e-learning dengan
optimal dan efisien.
§ biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan e-learning ternyata
lebih besar karena infrastruktur yang dibutuhkan untuk kelangsungan e-learning juga
menuntut investasi yang besar.
3. Peranan Manajemen dan Proses Manajerial
-
manajemen diartikan sebagai proses merencana, mengorganisasi,
memimpin dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan
organisasi tercapai secara efektif dan efesien.
-
Tiga Kategori Peranan Manajemen
o Peranan yang bersifat Interpersonal (untuk menumbuh suburkan iklim solidaritas dan kebersamaan dalam organisasi.)
§ Peranan yang
bersifat simbolis
§ Peranan selaku pimpinan
§ Peranan sebagai penghubung
o
Peranan Informasi (dimaksud dalam peranan ini
adalah bahwa dalam kedudukannya selaku unsur pimpinan dalam organisasi,
manajemen menjadi pemantau arus informasi dalam organisasi disamping peranan selaku penerima dan pembagi informasi)
o
Peranan selaku pengambilan keputusan (tersebut timbul karena manajemen memiliki wewenang untuk bertindak selaku
§ wirausahawan,
§ peredam ketidaktenangan
§ selaku perunding, dll
-
manajerial
o
manajerial,
melekat dengan profesi manajer atau manifestasi dari aktivitas manajer.
Manajerial adalah kata kerja operasional dari kata manajer. Kata manajer
menekankan pada orangnya, sedangkan manajerial menyangkut pekerjaan yang
dilakukan manajer. Jadi kata manajerial adalah suatu aktifitas atau pekerjaan
yang dilakukan manajer dalam merencanakan, mengorganisir, mengelola, mengontrol
serta mengevaluasi berbagai pekerjaannya.
-
Proses Manajerial
o
penentuan tujuan dan sasaran (hal ini penting untuk
memotivasi perusahaan tersebut/organisasi tersebut)
o
pentahapan
pencapaian tujuan
(perlu ditetapkan sasaran-sasaran yang
sering dikenal dengan istilah “tujuan antara” yang ingin dicapai pada satu
kurun waktu terentu)
o
perumusan strategi (menetapkan strategi organisasi ialah analisis SWOT)
o
perencanaan (pengambilan keputusan sekarang tentang
hal-hal yang akan dilakukan dalam satu kurun waktu tertentu di masa depan)
o
penentuan program kerja (penyusunan
program kerja merupakan rincian yang sistematis dari rencana jangka sedang dan
menengah)
o
fungsi organisasi (sekelompok orang yang
terikat secara formal dan hierarkis serta bekerja sama untuk mencapai tujuan
tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya)
o
penggerakan sumber daya manusia
o
pencipataan dan penggunaan sistem umpan balik.
4. Peranan
Sistem Informasi Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan Bidang Pendidikan
-
sistem informasi manajemen adalah jaringan informasi yang
diperlukan pimpinan dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam mengambil
keputusan, dimana sistem informasi manajemen disamping diperlukan oleh
pimpinan, juga dibutuhkan seluruh anggota organisasi yang dipimpinnya.
-
pengambilan keputusan adalah sebuah hasil dari pemecahan
masalah, jawaban dari suatu pertanyaan serta pengakhiran dari
proses pemikiran tentang masalah atau problema yang dihadapi.
-
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan
Keputusan
o
Keadaan internal organisasi
Keadaan ini
bersangkut paut dengan apa yang ada dalam organisasi tersebut yang meliputi
dana yang tersedia, keadaan sumber daya manusia, kemampuan karyawan,
kelengkapan dan peralatan organisasi dan struktur organisasi.
o
Keadaan eksternal organisasi
Keadaan ini
bersangkut paut dengan apa yang ada diluar organisasi, seperti keadaan ekonomi,
sosial politik, hukum dan budaya.
o Tersedianya
informasi yang diperlukan
Informasi yang
diperlukan haruslah lengkap dan memiliki sifat-sifat tertentu sehingga
keputusan yang dihasilkan dapat berkualitas dan baik.
o Kepribadian
dan kecakapan pengambil keputusan
Hal ini meliputi
: kebutuhan, intelegensi, keterampilan dan kapasitas penilaian.
-
Jenis-Jenis Pengambilan Keputusan
o
berdasarkan
tingkat kepentingan
o
berdasarkan
Regulitas (Keputusan
terprogram, keputusan ini bersifat rutinitas dan berulang-ulang dengan cara
penanggulangan yang telah ditentukan untuk menyelesaikan masalah melalui
prosedur, aturan dan kebijakan. Keputusan tidak terprogram, keputusan ini
bersifat tidak rutinitas dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang tidak
bsrstruktur).
o
berdasarkan
lingkungan (dalam
kondisi pasti,beresiko,tidak pasti,konflik)
-
kesimpulan
(Sistem
informasi manajemen menyediakan informasi setiap orang untuk pengambilan
keputusan dengan lebih tepat dan akurat dalam memecahkan masalah yang dihadapi
oleh organisasi)
5.
Struktur Sistem Informasi Manajemen
-
Sistem
Informasi Manajemen adalah kegiatan pengolahan data dan harus dianggap bersifat
pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu prosedur standar tertentu.
-
Beberapa
kegunaan/fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
o
Mengembangkan
proses perencanaan yang efektif
o
Organisasi
menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi
biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan
mereka
-
pengertian struktur sistem informasi
manajemen adalah susunan suatu metode untuk menghasilkan informasi yang tepat
waktu bagi manajemen tentang lingkungan luar organisasi dan kegiatan operasi di
dalam organisasi dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi proses manajemen
dan menunjang proses pengambilan keputusan serta memperbaiki proses perencanaan
dan pengawasan.
-
No comments:
Post a Comment