Wednesday, December 11, 2013

Makalah kelompok " OBSERVASI"


PERENCANAAN KEUANGAN PENDIDIKAN TAHUN 2014
SDN BABATAN 1 SURABAYA



Dosen Pembimbing          : Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd
Nama kelompok
1.     Alifiani Nur Amalina                    ( 131714023 )
2.     Ely Rahmawati                               ( 131714080 )
3.     Diana Tri Lestari                            ( 131714052 )
4.     Leni Marga Lena                            ( 131714029 )


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN
Tahun Ajaran 2013/2014









KATA PENGANTAR

Alhamdulillah  kami ucapkan kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya  kepada kita. sehingga, berkah karunia-Nya penulis dapat menyusun makalah   “ Perencanaan Keuangan Pendidikan Tahun 2014 SDN BABATAN I SURABAYA ” guna menyelesaikan tugas perencanaan pendidikan.
Makalah ini dibuat dengan observasi untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. 
Kami menyadari betul bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, makalah ini tidak akan terwujud dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karenan itu, dengan segala kerendahan hati kami berharap saran dan kritik demi perbaikan perbaikan lebih lanjut.
Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.



                                                                                    Surabaya, 01 Desember 2013
Penulis


DAFTAR ISI

Kata pengantar.......................................................................    i
Daftar isi.................................................................................            ii
Bab l           Pendahuluan
A.   Latar belakang...................................................     1
B.   Profil sekolah.....................................................    1
C.    RAPBS ...............................................................   11
D.   Pengelolaan keuangan sekolah ..........................      12
E.    Kompenen kebutuhan dan belanja sekolah .......        13
Bab ll          Pembahasan
                   Rumusan masalah..................................................     14
Bab lll         penutup
                   Kesimpulan ...........................................................    16






BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang

Pendidikan mempunyai peran strategis dalam pembangunan suatu bangsa. Banyak kajian menyatakan besarnya suatu bangsa dikarenakan pendidikan. Misalnya saja pendidikan di sekolah. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Keberhasilan dalam pencapaian tujuan pendidikan terutama di tentukan oleh proses belajar mengajar yang di alami siswa dan guru, tidak dipungkiri juga bahwa keuangan pun juga mempengaruhi jalannya proses belajar mengajar disekolah, misalnya saja keuangan tentang dana BOS dsb. Dalam kasus kami meneliti melalui observasi tentang Perencanaan Keuangan Pendidikan Tahun 2014  SDN BABATAN 1 SURABAYA.

B.   Profil Sekolah
1.    Identitas
1.      Nama sekolah                   : SDN BABATAN 1/ 456
2.      Nomer statistika sekolah  : 101056026009
3.      NPSN                                 :20532950
4.      Alamat sekolah                 :JL.MENGANTI KARANGAN NO 14-16                                                         Kecamatan Wiyung                                                                                         Kota Surabaya
  Propinsi Jawa Timur
5.      Telepon                             : (031)7524654
6.      Status sekolah                   : Negeri
7.      Nilai akreditasi sekolah    : B Skor=81
8.      Luas lahan                         : 1480 m2
9.      Jumlah rombel                  : 22


2.    Visi
Membangun serta mencetak sumber daya manusia yang bertakwa, unggul dalam prestasi, wawasan global di landasi nilai-nilai budaya luhur yang mampu menanggulangi tantangan zaman.

3.    Misi
1.     Membangun dan mengembangkan manusia yang bertakwa kepada tuhan yang maha kuasa.
2.      Membina dan mengembangkan sekolah maju.
3.     Mengembangkan IPTEK yang mampu menanggulangi tuntutan zaman.
4.     Mengembangkan etika moral yang dilandasi dengan nilai-nilai keagamaan.


4.     Sejarah Singkat Berdirinya SDN BABATAN I SURABAYA
Tempat awal SDN BABATAN 1 terletak di perumahan pondok rosan bersama dengan SDN BABATAN 2. Tahun 2002 SDN BABATAN 1 dan SDN BABATAN 2 di pindah oleh deploker perumahan pondok rosan ke menganti karangan. Meskipun letaknya berdampingan, SDN BABADAN 1 dan SDN BABATAN 2 berdiri sendiri-sendiri dengan kepala sekolah sendiri-sendiri pula. Tapi, tak lama kemudian SK SDN BABATAN 1 dan SDN BABATAN 2 keluar yang menyatakan kedua SDN ini harus menjadi satu. Namun, setelah beberapa lama SK ini keluar baru 2 tahun terakhir  di jalankan. Yang semula berdiri sendiri-sendiri dengan kepala sekolah sendiri-sendiri pula kini menjadi satu. Sangat sulit menyatukan dua sekolah yang bersaing. Namun, berkat kerja keras kepala sekolah akhirnya SDN BABATAN 1 dan SDN BABATAN 2 menyatu, warga sekolahnya pun hidup rukun dan damai.



5.    Struktur Organisasi

§  KEPALA SEKOLAH  : Drs. Fatchur Rachman, M.Pd  
§  URUSAN UMUM
                    ·            Koordinator : Duladi, S.Ag
1.    
Nurul Faizah, S.pd
Pendataan statistik sekolah
2.  Menyusun program sekolah
Suhermin, S.pd
3.  Kepengurusan kepegawaian      
4.  Menyiapkan administrasi surat
     menyurat  dan kepegawaian
Sri Pante Setrini, A.Ma

5.  Mengkoordinasi tugas tim kegiatan disekolah
6.  Pelaksaan kebersihan dan ketertiban sekolah
Duladi, S.Ag
7.  Merencanakan / melaksanakan pertemuan
pengurus dan anggota komite sekolah
      8.  Merencanakan kerjasama dengan lembaga-
 lembaga yang berhubungan dengan kegiatan
 pengabdian masyarakat
      9.  Membuat laporan bulanan / triwulan dan
Yulianti Dwi Astutik, S.Pd

              tahunan
     10.  Melaksanakan tugas lain yang diberikan
kepala sekolah



                       
§  URUSAN KURIKULUM DAN KESISWAAN

                    ·            Koordinator: Nur Chayati, S.Pd.I
Drs. Erma Sari Hasibuan

1.  Menyusun kurikulum
            2.  Merencanakan dan melaksanakan
                 Peningkatan mutu siswa
Sismi Andariningsih, S.Pd

            3.  Menyusun daftar menjagar guru
            4.  Menyusun legiatan ekstrakulikuler
            5.  Merencanakan dan melaksanakan PPDB,
Nur Chayati, S.Pd

     Ulangan Harian/sumatif/Ujian Sekolah/
     Ujian Nasional disekolah
            6.  Mengisi buku induk siswa dan buku leger
      siswa
Wiwiek Sarwilah, S.Pd

            7.  Menangani beasiswa dan mutasi siswa
            8.  Penyusun rencana, pelaksanaan pengendali
                  siswa dalam rangka menegakkan disiplin
      dan tata tertib sekolah
Luluk Hamidah, S.Pd

            9.   Pembinaan terhadap 6 K
            10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan
        kepala sekolah




§  URUSAN SARANA DAN PRASARANA
                    ·            Koordinator: Heru Budi Puspo Busono
1.    
Heru Budi Puspo
 Merencanakan dan mengusulkan
       kebutuhan Sarpras
2.    
Jadi Utoyo
 Melaksanakan dan memelihara gedung
       dan perlengkapan sekolah
3.      Membukukan dan membuat data
Siti Fatonah S,pd
                  inventaris untuk semua penerimaan
                  barang inventaris maupun non inventaris
                  pada buku inventaris dan buku golongan
                  barang inventaris sekolah
4.    
Ken Mangestu S, S.pd
 Melaporkan barang inventaris yang akan
       dihapus ke Dinas Pendidikan
5.    
Anik Rosyidah, A.Ma

 Melaksanakan tugas lain yang diberikan
       kepala sekolah









§  URUSAN KEUANGAN

                    ·            Koordinator: Wegaesti, A.Ma
Vina Marisyahaq, S.Pd

 
1.    
Lasmi, S.Pd, M.Si

Membuat RKAS / RAPBS
                                                                                                           
Suhermi, S.Pd

            2.  Membuat perencanaan, melaksanakan,
Galuh Vivi Indrawati, S.Pd

    laporan dan menyimpan administrasi
                 keuangan BOPDA dan BOPNAS
Sih Hariyani
Wegaesti, A.Ma

            3.  Melaporkan semua bantuan keuangan
     diluar BOPDA dan BOPNAS
Hj. Artini, S.Pd

            4.  Melakasanakan tugas lain yang diberikan
                 kepala sekolah











6.    Pendidik dan Tenaga Kependidikan

*    Kepala sekolah

No.

Nama
Jenis kelamin
Usia
Pend. akhir
Masa kerja
1
KEPSEK
Drs. Fatchur Rachman, M.pd
L
55 Th
S2
22 Th


*    Guru

1.     Kualifikasi pendidikan, status, jenis kelamin dan jumlah
No.
Tingkat Pendidikan
Jumlah dan status guru
Jumlah
GT/PNS
GTT/Guru bantu
L
P
L
P
1
S3/S2
1



1
2
S1
3
14
3
7
27
3
D3/Sarmud
1
4
3

8
Jumlah
5
18
6
7
36

2.     Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No.
Guru
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
D3/Sarmud
S1/D4
1
IPA
1
1
2
Matematika

1
3
Bahasa Indonesia

3
4
Bahasa Inggris

2
5
Pendidikan Agama

4
6
IPS

2
7
Penjasorkes

2
8
Seni Budaya

2
9
Pkn

2
10
TIK/Keterampilan

1
11
BK

1

Jumlah
1
21


3.     Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru
No.
Jenis pengembangan kompetensi
Jumlah guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
L
Jumlah
P
Jumlah
1
Penataran KBK/KTSP
4
4
23
23
2
Penataran metode pembelajaran
( termasuk CTL )
3
3
20
20
3
Penataran PTK
4
4
23
23
4
Penataran karya tulis ilmiah
-
-
2
2
5
Sertifikasi profesi/kompetensi
2
2
14
14



*    Tenaga kependidikan : tenaga pendukung

No.
Tenaga pendukung
Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikanya
Jumlah tenaga pendukung berdasarkan status dan jenis kelamin
jumlah
SMA
S1
PNS
Honorer

L
P
L
P
1
Tata usaha

2



2
2
2
Perpustakaan

1



1
1
3
Penjaga sekolah
1

1



1
4
Keamanan
1



1

1


*    Data siswa

Kelas 1
Kelas 2
Kelas 3
Kelas 4
Kelas 5
Kelas 6
jumlah
JS
JR
JS
JR
JS
JR
JS
JR
JS
JR
JS
JR
JS
JR
81
3
105
4
91
3
100
4
123
4
117
4
617
22

*JS = JUMLAH SISWA
*JR = JUMLAH ROMBEL


7.    Sarana Prasarana
*    Ruang sekolah
a.     Ruang kantor
No.
Jenis ruang
Jumlah
1
Kepala sekolah
1 ruang
2
Guru
1 ruang
3
Tata usaha
1ruang

b.     Ruang belajar
No.
Jenis ruang
jumlah
1
Ruang kelas 1 sampai 6
22 ruang
2
Lab. Bahasa
1 ruang
3
Lab. Komputer
1 ruang
4
Perpustakaan
2ruang

c.      Ruang penunjang lainya
No.
Jenis ruang
Jumlah
1
Gudang
1 ruang
2
Dapur
1 ruang
3
KM guru
2 ruang
4
KM siswa
4 ruang


*    Perabot utama
a.     Perabot ruang kantor
No.
Ruang
Meja
Kursi
Almari dan rak buku
1.
Kepala sekolah
1
1
1
2.
Wakasek
-
-
-
3.
Guru
40
40
1
4.
Tata usaha
3
3
3
5.
Tamu
1
1
-

b.     Perabot ruang kelas
Jumlah ruang kelas
Meja
Kursi
Almari dan rak buku
Papan tulis
22
880
880
30
22

*    Koleksi buku perpustakaan
No.
Jenis
Jumlah
1.
Buku bacaan ( novel, buku iptek, dsb )
4500
2.
Buku referensi ( kamus, ensiklopedia, dsb )
5

8.    Prestasi Sekolah/Siswa Dua Tahun Terakhir
a.     Prestasi akademik:NUN
Bahasa indonesia
Matematika
IPA
Jumlah
Rata-rata
9,5
9,3
9,2
28,0
9,3

b.     Prestasi akademik:nilai ujian sekolah
No.
Mata pelajaran
Rata-rata Nilai US
1.
Pend. Agama
8,74
2.
PKN
9,16
3.
IPA
9,09
4.
IPS
8,98
5.
Penjaskes
7,84
6.
Kertakes
8,36
7.
Bahasa Daerah
8,00
8.
Keterampilan
8,36
9.
Komputer
8,00
10.
Bahasa Indonesia
9,43
11.
matematika
9,35

c.      Angka kelulusan dan melanjutkan
Jumlah peserta ujian
Jumlah lulus
%kelulusan
%Lulusan yang melanjutkan pendidikan
%Lulusan yang tidak melanjutkan pendidikan
32
32
100
98
0

9.    Sumber Dana Dua Tahun Terakhir

No.
Sumber dana


1
APBN kab/kota
30.190.000,-
87.348.000,-
2
BOS
34.700.000,-
100.400.000,-

Jumlah
64.890.000,-
187.748.000,-


10.          Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua
a.     Pekerjaan orangtua/wali siswa
No.
pekerjaan
Prosentasi
1.
PNS
2%
2.
TNI/POLRI
5%
3.
Swasta
50%
4.
Pedagang
15%

b.     Penghasilan orangtua/wali ( gabungan kedua orangtua/wali ) siswa
No.
Penghasilan
prosentasi
1.
Kurang dari Rp. 500.000,-
1%
2.
Antara Rp 500.000,- s.d Rp. 1.000.000,-
50%
3.
Antara Rp. 1.500.000,- s.d Rp. 2.000.000,-
10%


C.    RAPBS
penerimaan
Pengeluaran
NO.
No. kode
Uraian
anggaran
Realisasi
No.
No. Kode
uraian
anggaran
realisasi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

3
BOS



1
Standar penilaian pendidikan
18.355.750
0

3.03
BOPDA
214.716.000
0

2
Standar isi
0
0






3
Standar proses
24.562.750
0






4
Standar kompetensi lulusan
8.784.300
0






5
Standar pendidik dan tenaga kependidikan
148.326.000
0






6
Standar sarpras
62.923.700
0






7
Standar pengelolaan
12.037.100
0






8
Standar pembiayaan
0
0






9
Standar budaya lingkungan
0
0






10
Standar pengembangan kurikulum
0
0
Total:
214.716.000

Total:
274.989.600


D.   Pengelolaan Keuangan Sekolah
                                                                                                                                                                 Alokasi

Nama kegiatan
Sumber dana
Nilai
TRIWULAN 1
TRIWULAN 2
TRIWULAN 3
TRIWULAN 4
Posisi
Verivikasi peserta ujian
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
UN
BOPDA
7.905.600
820.000
7.085.600
0
0
Sekolah
Entri nilai siswa
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Bedah kisi-kisi
BOPDA
145.800
145.800
0
0
0
Sekolah
Triout
BOPDA
732.900
732.900
0
0
0
Sekolah
Ujian praktek olahraga dan kesehatan
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Ujian praktek agama
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Ujian praktek IPA
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Ujian praktek SBK
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Pembinaan bakat dan minat siswa dalam bidang seni dan ketrampilan
BOPDA
9.246.400
1.513.750
0
0
7.697.650
Sekolah
Peningkatan imtaq dan karakter siswa
BOPDA
8.590.000
1.054.100
325.000
3.267.200
3.952.700
Sekolah
Pengembangan sikap patriotisme dan cinta tanah air
BOPDA
2.007.800
0
731.700
500.000
776.100
Sekolah
Pengembangan bakat dan minat siswa melalui ekskul
BOPDA
4.718.550
0
1.542.600
0
3.175.950
Sekolah
Kursus tenaga pendidik dan kependidikan
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Musyawarah kerja KEPSEK
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Kelompok kerja guru
BOPDA
2.166.000
1.083.000
0
1.083.000
0
Sekolah
Pegawai tidak tetap
BOPDA
146.160.000
20.880.000
20.880.000
20.880.000
83.520.000
Sekolah
Belanja alat tulis kantor
BOPDA
10.037.000
5.527.550
2.265.750
1.822.450
421.250
sekolah
sekolah Belanja pemeliharaan alat laboratorium
BOPDA
1.817.000
596.750
269.750
400.250
550.250
sekolah
Belanja pemeliharaan gedung dan pagar
BOPDA
16.287.400
2.235.800
807.600
12.953.600
290.400
sekolah
Belanja alat kebersihan dan bahan
BOPDA
4.723.650
1.838.550
968.650
869.900
1.046.550
Sekolah
Belanja habis pakai alat komputer
BOPDA
5.207.900
2.453.950
788.250
1.090.700
875.000
Sekolah
Belanja habis pakai alat olahraga
BOPDA
6.042.000
3.439.000
750.000
530.500
1.322.500
Sekolah
Belanja bahan percontohan praktik
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Belanja surat kabar
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Belanja mamin harian pegawai
BOPDA
8.232.400
2.036.100
2.036.100
0
2.124.100
Sekolah
Belanja mamin tamu
BOPDA
1.076.600
269.150
269.150

269.150
269.150
sekolah
Belanja pemeliharaan alat kantor
BOPDA
9.499.750
4.599.850
597.000
2.036.100

767.900
Sekolah
Pengelolaan sarpras
BOPDA
0
0
0
3.535.000
0
Sekolah
Supervisi kelas
BOPDA
0
0
0
0
0
sekolah
Pengelolaan BOPDA
BOPDA
0
0
0
0
0
Sekolah
Penyusunan LRAK dan RAPBS
BOPDA
1.753.100
1.533.100
40.000
140.000
40.000
Sekolah
Sosialisasi dan rapat-rapat
BOPDA
9.345.600
2.336.400
2.336.400
2.336.400
2.336.400
Sekolah
PPDB
BOPDA
938.400
0
0
938.400
0
Sekolah
Pengembangan dan implementasi sistem penilaian
BOPDA
18.355.750
0
8.638.000
0
9.717.750
Sekolah
Total
214.716.000
274.989.000
53.086.750
50.331.550
52.652.650
118.883.650
Anggaran melebihi batas
Pagu alokasi triwulan
53.679.000
53.679.000
53.679.000
53.679.000


E.    Komponen Kebutuhan dan Belanja Sekolah
No.
Kebutuhan
Jumlah/tahun dalam rupiah
1.
Alat tulis kantor
10.037.000
2.
Alat laboratorium pendidikan
1.817.000
3.
belanja pemeliharaan gedung dan pagar
10.350.000
4.
Alat kebersihan
4.723.650
5.
Alat komputer
5.207.900
6.
Alat olahraga
6.042.000
7.
Belanja mamin harian pegawai
8.232.400
8.
Belanja mamin tamu
1.076.600
9.
Belanja pemeliharaan alat kantor dan rumah tangga
9.499.750














BAB II
PEMBAHASAN

1.      Bagaimana proses penyusunan RAPBS?
Jawab: -  Kepala sekolah minta para guru, dan staf sekolah lainnya untuk menyusun program kegiatan sesuai tanggugjawabnya yang mendukung peningkatan hasil belajar siswa disertai prediksi dana yang diperlukan
-          Kepala sekolah menyusun tim penyusun RAPBS untuk menyusun RAPBS dan prioritasnya berdasarkan usulan kegiatan penunjang KBM dan menentukan alternatif – alternatif sumber pembiayaan
-          Kepala sekolah dan tim penyusun RAAABPS menawarkan RAPBS tentatif dan menetapkan RAPBS bersama orang tua dan stakeholder lainnya
-          Sekolah dan komite sekolah mensahkan RABPS
Lebih jelasnya
1.      Mengidentifikasi kegiatan yang akan dilakukan
2.      Mengidentifikasih sumber – sumber
3.      Semua sumber dinyatakan dalam bentuk uang
4.      Memformulasikan anggaran sesuai format yang ditentukaan
5.      Menyusun usulan anggaran
6.      Melakukan revisi usulan anggaran
7.      Persetujuan revisi usulan anggaran
8.      Pengesahan angggaran dalam bentuk RAPBS




2.      Siapa yang terlibat dalam penyusunan RAPBS?
Jawab:     proses penyusunan RAPBS melibatkan guru, bendahara, TU dan wali kelas. Namun, guru-guru mata bidang belum sepenuhnya terlibat aktif dalam penyusunan RAPBS.

3.      Apa peran komite sekolah?
Jawab:     dalam hal ini peran serta komite sekolah hanya memberi masukan masukan tentang anggaran apa saja yang diperlukan sebagai tokoh masyarakat.




4.      Bagaimana partisipasi orang tua dalam pembiayaan pendidikan?
Jawab:     partisipasi orangtua masih kurang. Karena mereka menganggap sekolah dibiayai oleh BOS atau BOPDA, sehingga mereka semua masih pasif dalam pembiayaan pendidikan.  Padahal BOS dan BOPDA tidak semuanya mengkover kebutuhan siswa.

5.      Apa kendala dan tantangan yang ditemukan?
Jawab:      a. Pasifnya sebagian guru-guru dalam penyusunan RAPBS.
                 b. pasifnya peran orangtua murid dalam pembiayaan pendidikan.
                 c. BOPDA dan BOS tidak cair tepat waktu.
                 d. kurang respon wali murid dalam kegiatan sekolah.

6.      Bagaimana mengatasi masalah tersebut?
Jawab:      a. Jika BOPDA dan BOS tidak tepat waktu cair maka kepala sekolah
mengeluarkan uangnya untuk mengganti BOPDA guru dan BOS murid                                                                                                                               terlebih dahulu
b. Kepala sekolah melakukan tranning pada guru-guru dan memberi                
     contoh yang baik.
c. lebih banyak membuat kegiatan-kegiatan sekolah seperti kegiatan                                         
    memperingati hari pahlawan, sehingga orangtua ikut berpartisipasi                                                           
    dalam pembiayaan. Semakin banyak kegiatan semakin banyak wali                                                      
    murid yang datang.
7.      Bagaimana cara menggali dana untuk pengembangan sekolah?
Jawab:     - sumber dana rutin, untuk gaji & tunjangan guru, lembur, langganan daya/
jasa (listrik)
-          DAU (Dana Alokasi umum)
-          DAK(Dana Alokasi Khusus)
-          DBO(Dana Bantuan Operasi)
-          APBN
-          APBD


8.      Apa pertimbangan dalam menentukan proyeksi kebutuhan siswa dan guru?
Jawab:     Melakukan rapat dengan semua anggota guru => membahas kebutuhan                                                                                                                                                     
siswa dan guru => berunding dengan bendahara tentang kebutuhan apa                                            yang  harus dipenuhi terlebih dahulu.




9.      Bagaimana cara untuk menumbuhkan semangat murid-murid?
Jawab:          a. Dengan mengadakan kuis pintar, sehingga murid murid berpacu untuk                                             
belajar dan berlomba-lomba dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan
b. Dengan melakukan inovasi-inovasi dalam menyampaikan pelajaran, sehingga murid-murid tidak bosan saat di ajar.
c.Dengan membuatkan taman sekolah, agar murid-murid paham dan  bisa memelihara lingkungan.























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Bahwa perencanaan keuangan pendidikan tahun 2014 SDN BABATAN 1 SURABAYA belum sepenuhnya berjalan sesuai yang di harapkan. Misalnya saja dalam proses keterlibatan penyusunan RAPBS masih saja ada guru yang pasif atau tidak ikut serta merta terlibat. Selain itu kurangnya wawasan orang tua murid yang menganggap bahwa BOS atau BOPDA dapat mengkover semua kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran sehingga mereka pasif dalam penyelenggaraan biaya sekolah. Kendala lain yaitu BOS dan BOPDA tidak cair tepat waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan kepala sekolah mengeluarkan uangnya untuk mengganti BOPDA guru dan BOS murid terlebih dahulu, selain itu juga mengadakan kegiatan kegiatan sekolah agar orangtua murid dapat berpartisipasi didalamnya. Dengan mengatasi kendala-kendala dengan cara tersebut sekolah mengharapkan perubahan yang lebih baik.







No comments:

Post a Comment