PERENCANAAN KEUANGAN PENDIDIKAN TAHUN
2014
SDN BABATAN 1 SURABAYA
Dosen Pembimbing : Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd
Nama kelompok
1.
Alifiani Nur Amalina ( 131714023 )
2.
Ely Rahmawati (
131714080 )
3.
Diana Tri Lestari (
131714052 )
4.
Leni Marga Lena (
131714029 )
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
PROGAM STUDI
MANAJEMEN PENDIDIKAN
Tahun Ajaran
2013/2014
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
kami ucapkan kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat serta
hidayah-Nya kepada kita. sehingga,
berkah karunia-Nya penulis dapat menyusun makalah “ Perencanaan Keuangan Pendidikan Tahun 2014
SDN BABATAN I SURABAYA ” guna menyelesaikan tugas perencanaan pendidikan.
Makalah ini dibuat dengan observasi untuk membantu menyelesaikan tantangan
dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan makalah ini.
Kami menyadari betul bahwa tanpa bantuan dari
berbagai pihak, makalah ini tidak akan terwujud dan jauh dari kesempurnaan.
Oleh karenan itu, dengan segala kerendahan hati kami berharap saran dan kritik
demi perbaikan perbaikan lebih lanjut.
Akhirnya kami berharap semoga makalah ini
dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Surabaya, 01 Desember 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
pengantar....................................................................... i
Daftar
isi................................................................................. ii
Bab l Pendahuluan
A.
Latar
belakang................................................... 1
B.
Profil sekolah..................................................... 1
C.
RAPBS
............................................................... 11
D.
Pengelolaan keuangan sekolah
.......................... 12
E.
Kompenen kebutuhan dan belanja sekolah ....... 13
Bab ll Pembahasan
Rumusan
masalah.................................................. 14
Bab lll penutup
Kesimpulan
........................................................... 16
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan mempunyai peran strategis dalam pembangunan suatu
bangsa. Banyak kajian menyatakan besarnya suatu bangsa dikarenakan pendidikan.
Misalnya saja pendidikan di sekolah. Dalam keseluruhan proses pendidikan di
sekolah kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok.
Keberhasilan dalam pencapaian tujuan pendidikan terutama di tentukan oleh
proses belajar mengajar yang di alami siswa dan guru, tidak dipungkiri juga
bahwa keuangan pun juga mempengaruhi jalannya proses belajar mengajar
disekolah, misalnya saja keuangan tentang dana BOS dsb. Dalam kasus kami
meneliti melalui observasi tentang Perencanaan Keuangan Pendidikan Tahun
2014 SDN BABATAN 1 SURABAYA.
B.
Profil Sekolah
1.
Identitas
1. Nama sekolah : SDN BABATAN 1/ 456
2. Nomer statistika sekolah : 101056026009
3. NPSN :20532950
4. Alamat sekolah :JL.MENGANTI KARANGAN NO 14-16
Kecamatan Wiyung Kota Surabaya
Propinsi Jawa Timur
5. Telepon : (031)7524654
6. Status sekolah : Negeri
7. Nilai akreditasi sekolah : B Skor=81
8. Luas lahan : 1480 m2
9. Jumlah rombel : 22
2.
Visi
Membangun serta
mencetak sumber daya manusia yang bertakwa, unggul dalam prestasi, wawasan
global di landasi nilai-nilai budaya luhur yang mampu menanggulangi tantangan
zaman.
3.
Misi
1. Membangun dan mengembangkan
manusia yang bertakwa kepada tuhan yang maha kuasa.
2. Membina dan mengembangkan sekolah maju.
3. Mengembangkan IPTEK yang
mampu menanggulangi tuntutan zaman.
4. Mengembangkan etika moral
yang dilandasi dengan nilai-nilai keagamaan.
4.
Sejarah Singkat Berdirinya SDN
BABATAN I SURABAYA
Tempat
awal SDN BABATAN 1 terletak di perumahan pondok rosan bersama dengan SDN
BABATAN 2. Tahun 2002 SDN BABATAN 1 dan SDN BABATAN 2 di pindah oleh deploker
perumahan pondok rosan ke menganti karangan. Meskipun letaknya berdampingan,
SDN BABADAN 1 dan SDN BABATAN 2 berdiri sendiri-sendiri dengan kepala sekolah
sendiri-sendiri pula. Tapi, tak lama kemudian SK SDN BABATAN 1 dan SDN BABATAN
2 keluar yang menyatakan kedua SDN ini harus menjadi satu. Namun, setelah
beberapa lama SK ini keluar baru 2 tahun terakhir di jalankan. Yang semula berdiri
sendiri-sendiri dengan kepala sekolah sendiri-sendiri pula kini menjadi satu.
Sangat sulit menyatukan dua sekolah yang bersaing. Namun, berkat kerja keras
kepala sekolah akhirnya SDN BABATAN 1 dan SDN BABATAN 2 menyatu, warga
sekolahnya pun hidup rukun dan damai.
5.
Struktur Organisasi
§ KEPALA SEKOLAH : Drs. Fatchur Rachman, M.Pd
§ URUSAN UMUM
·
Koordinator : Duladi, S.Ag
1.
Nurul Faizah, S.pd
|
2. Menyusun program sekolah
Suhermin, S.pd
|
4. Menyiapkan administrasi surat
menyurat
dan kepegawaian
Sri Pante Setrini,
A.Ma
|
6. Pelaksaan kebersihan dan ketertiban sekolah
Duladi, S.Ag
|
pengurus dan anggota komite sekolah
8. Merencanakan kerjasama dengan lembaga-
lembaga
yang berhubungan dengan kegiatan
pengabdian
masyarakat
9. Membuat laporan bulanan / triwulan dan
Yulianti Dwi
Astutik, S.Pd
|
10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan
kepala sekolah
§ URUSAN
KURIKULUM DAN KESISWAAN
·
Koordinator: Nur Chayati, S.Pd.I
Drs. Erma Sari
Hasibuan
|
2. Merencanakan dan melaksanakan
Peningkatan mutu siswa
Sismi
Andariningsih, S.Pd
|
4. Menyusun legiatan ekstrakulikuler
5. Merencanakan dan melaksanakan PPDB,
Nur Chayati, S.Pd
|
Ujian Nasional disekolah
6. Mengisi buku induk siswa dan buku leger
siswa
Wiwiek Sarwilah,
S.Pd
|
8. Penyusun rencana, pelaksanaan pengendali
siswa dalam rangka menegakkan
disiplin
dan tata tertib sekolah
Luluk Hamidah,
S.Pd
|
10.
Melaksanakan tugas lain yang diberikan
kepala sekolah
§ URUSAN SARANA
DAN PRASARANA
·
Koordinator: Heru Budi Puspo Busono
1.
Heru Budi Puspo
|
kebutuhan
Sarpras
2.
Jadi Utoyo
|
dan
perlengkapan sekolah
3. Membukukan dan membuat data
Siti Fatonah S,pd
|
barang inventaris maupun non inventaris
pada buku inventaris dan buku
golongan
barang inventaris sekolah
4.
Ken Mangestu S, S.pd
|
dihapus ke
Dinas Pendidikan
5.
Anik Rosyidah,
A.Ma
|
kepala
sekolah
§ URUSAN
KEUANGAN
·
Koordinator: Wegaesti, A.Ma
Vina Marisyahaq,
S.Pd
|
1.
Lasmi, S.Pd, M.Si
|
Suhermi, S.Pd
|
Galuh Vivi
Indrawati, S.Pd
|
keuangan BOPDA dan BOPNAS
Sih Hariyani
|
Wegaesti, A.Ma
|
diluar BOPDA dan BOPNAS
Hj. Artini, S.Pd
|
kepala sekolah
6.
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
Kepala sekolah
No.
|
Nama
|
Jenis kelamin
|
Usia
|
Pend. akhir
|
Masa kerja
|
|
1
|
KEPSEK
|
Drs.
Fatchur Rachman, M.pd
|
L
|
55
Th
|
S2
|
22
Th
|
Guru
1. Kualifikasi pendidikan,
status, jenis kelamin dan jumlah
No.
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah dan status guru
|
Jumlah
|
|||
GT/PNS
|
GTT/Guru bantu
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1
|
S3/S2
|
1
|
1
|
|||
2
|
S1
|
3
|
14
|
3
|
7
|
27
|
3
|
D3/Sarmud
|
1
|
4
|
3
|
8
|
|
Jumlah
|
5
|
18
|
6
|
7
|
36
|
2. Jumlah guru dengan tugas
mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No.
|
Guru
|
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan
sesuai dengan tugas mengajar
|
|
D3/Sarmud
|
S1/D4
|
||
1
|
IPA
|
1
|
1
|
2
|
Matematika
|
1
|
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
3
|
|
4
|
Bahasa
Inggris
|
2
|
|
5
|
Pendidikan
Agama
|
4
|
|
6
|
IPS
|
2
|
|
7
|
Penjasorkes
|
2
|
|
8
|
Seni
Budaya
|
2
|
|
9
|
Pkn
|
2
|
|
10
|
TIK/Keterampilan
|
1
|
|
11
|
BK
|
1
|
|
Jumlah
|
1
|
21
|
3. Pengembangan
kompetensi/profesionalisme guru
No.
|
Jenis pengembangan kompetensi
|
Jumlah guru yang telah mengikuti kegiatan
pengembangan kompetensi/profesionalisme
|
|||
L
|
Jumlah
|
P
|
Jumlah
|
||
1
|
Penataran
KBK/KTSP
|
4
|
4
|
23
|
23
|
2
|
Penataran
metode pembelajaran
(
termasuk CTL )
|
3
|
3
|
20
|
20
|
3
|
Penataran
PTK
|
4
|
4
|
23
|
23
|
4
|
Penataran
karya tulis ilmiah
|
-
|
-
|
2
|
2
|
5
|
Sertifikasi
profesi/kompetensi
|
2
|
2
|
14
|
14
|
Tenaga kependidikan : tenaga
pendukung
No.
|
Tenaga pendukung
|
Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi
pendidikanya
|
Jumlah tenaga pendukung berdasarkan status
dan jenis kelamin
|
jumlah
|
||||
SMA
|
S1
|
PNS
|
Honorer
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||||
1
|
Tata
usaha
|
2
|
2
|
2
|
||||
2
|
Perpustakaan
|
1
|
1
|
1
|
||||
3
|
Penjaga
sekolah
|
1
|
1
|
1
|
||||
4
|
Keamanan
|
1
|
1
|
1
|
Data siswa
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Kelas 6
|
jumlah
|
|||||||
JS
|
JR
|
JS
|
JR
|
JS
|
JR
|
JS
|
JR
|
JS
|
JR
|
JS
|
JR
|
JS
|
JR
|
81
|
3
|
105
|
4
|
91
|
3
|
100
|
4
|
123
|
4
|
117
|
4
|
617
|
22
|
*JS
= JUMLAH SISWA
*JR
= JUMLAH ROMBEL
7.
Sarana Prasarana
Ruang sekolah
a. Ruang kantor
No.
|
Jenis ruang
|
Jumlah
|
1
|
Kepala
sekolah
|
1
ruang
|
2
|
Guru
|
1
ruang
|
3
|
Tata usaha
|
1ruang
|
b. Ruang belajar
No.
|
Jenis ruang
|
jumlah
|
1
|
Ruang
kelas 1 sampai 6
|
22
ruang
|
2
|
Lab.
Bahasa
|
1
ruang
|
3
|
Lab.
Komputer
|
1
ruang
|
4
|
Perpustakaan
|
2ruang
|
c. Ruang penunjang lainya
No.
|
Jenis ruang
|
Jumlah
|
1
|
Gudang
|
1
ruang
|
2
|
Dapur
|
1
ruang
|
3
|
KM
guru
|
2
ruang
|
4
|
KM
siswa
|
4
ruang
|
Perabot utama
a. Perabot ruang kantor
No.
|
Ruang
|
Meja
|
Kursi
|
Almari dan rak buku
|
1.
|
Kepala sekolah
|
1
|
1
|
1
|
2.
|
Wakasek
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
Guru
|
40
|
40
|
1
|
4.
|
Tata usaha
|
3
|
3
|
3
|
5.
|
Tamu
|
1
|
1
|
-
|
b. Perabot ruang kelas
Jumlah ruang kelas
|
Meja
|
Kursi
|
Almari dan rak buku
|
Papan tulis
|
22
|
880
|
880
|
30
|
22
|
Koleksi buku perpustakaan
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Buku bacaan
( novel, buku iptek, dsb )
|
4500
|
2.
|
Buku
referensi ( kamus, ensiklopedia, dsb )
|
5
|
8.
Prestasi Sekolah/Siswa Dua
Tahun Terakhir
a. Prestasi akademik:NUN
Bahasa indonesia
|
Matematika
|
IPA
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
9,5
|
9,3
|
9,2
|
28,0
|
9,3
|
b. Prestasi akademik:nilai ujian
sekolah
No.
|
Mata pelajaran
|
Rata-rata Nilai US
|
1.
|
Pend. Agama
|
8,74
|
2.
|
PKN
|
9,16
|
3.
|
IPA
|
9,09
|
4.
|
IPS
|
8,98
|
5.
|
Penjaskes
|
7,84
|
6.
|
Kertakes
|
8,36
|
7.
|
Bahasa Daerah
|
8,00
|
8.
|
Keterampilan
|
8,36
|
9.
|
Komputer
|
8,00
|
10.
|
Bahasa Indonesia
|
9,43
|
11.
|
matematika
|
9,35
|
c. Angka kelulusan dan
melanjutkan
Jumlah peserta ujian
|
Jumlah lulus
|
%kelulusan
|
%Lulusan yang melanjutkan
pendidikan
|
%Lulusan yang tidak
melanjutkan pendidikan
|
32
|
32
|
100
|
98
|
0
|
9.
Sumber Dana Dua Tahun
Terakhir
No.
|
Sumber
dana
|
||
1
|
APBN
kab/kota
|
30.190.000,-
|
87.348.000,-
|
2
|
BOS
|
34.700.000,-
|
100.400.000,-
|
Jumlah
|
64.890.000,-
|
187.748.000,-
|
10.
Latar Belakang Sosial Ekonomi
Orang Tua
a. Pekerjaan orangtua/wali siswa
No.
|
pekerjaan
|
Prosentasi
|
1.
|
PNS
|
2%
|
2.
|
TNI/POLRI
|
5%
|
3.
|
Swasta
|
50%
|
4.
|
Pedagang
|
15%
|
b. Penghasilan orangtua/wali (
gabungan kedua orangtua/wali ) siswa
No.
|
Penghasilan
|
prosentasi
|
1.
|
Kurang dari Rp. 500.000,-
|
1%
|
2.
|
Antara Rp 500.000,- s.d Rp.
1.000.000,-
|
50%
|
3.
|
Antara Rp. 1.500.000,- s.d Rp.
2.000.000,-
|
10%
|
C.
RAPBS
penerimaan
|
Pengeluaran
|
||||||||
NO.
|
No. kode
|
Uraian
|
anggaran
|
Realisasi
|
No.
|
No. Kode
|
uraian
|
anggaran
|
realisasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
3
|
BOS
|
1
|
Standar penilaian pendidikan
|
18.355.750
|
0
|
||||
3.03
|
BOPDA
|
214.716.000
|
0
|
2
|
Standar isi
|
0
|
0
|
||
3
|
Standar proses
|
24.562.750
|
0
|
||||||
4
|
Standar kompetensi lulusan
|
8.784.300
|
0
|
||||||
5
|
Standar pendidik dan tenaga kependidikan
|
148.326.000
|
0
|
||||||
6
|
Standar sarpras
|
62.923.700
|
0
|
||||||
7
|
Standar pengelolaan
|
12.037.100
|
0
|
||||||
8
|
Standar pembiayaan
|
0
|
0
|
||||||
9
|
Standar budaya lingkungan
|
0
|
0
|
||||||
10
|
Standar pengembangan kurikulum
|
0
|
0
|
||||||
Total:
|
214.716.000
|
Total:
|
274.989.600
|
D.
Pengelolaan Keuangan Sekolah
Alokasi
|
|||||||
Nama kegiatan
|
Sumber dana
|
Nilai
|
TRIWULAN 1
|
TRIWULAN 2
|
TRIWULAN 3
|
TRIWULAN 4
|
Posisi
|
Verivikasi peserta ujian
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
UN
|
BOPDA
|
7.905.600
|
820.000
|
7.085.600
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Entri nilai siswa
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Bedah kisi-kisi
|
BOPDA
|
145.800
|
145.800
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Triout
|
BOPDA
|
732.900
|
732.900
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Ujian praktek olahraga dan
kesehatan
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Ujian praktek agama
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Ujian praktek IPA
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Ujian praktek SBK
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Pembinaan bakat dan minat
siswa dalam bidang seni dan ketrampilan
|
BOPDA
|
9.246.400
|
1.513.750
|
0
|
0
|
7.697.650
|
Sekolah
|
Peningkatan imtaq dan karakter
siswa
|
BOPDA
|
8.590.000
|
1.054.100
|
325.000
|
3.267.200
|
3.952.700
|
Sekolah
|
Pengembangan sikap patriotisme
dan cinta tanah air
|
BOPDA
|
2.007.800
|
0
|
731.700
|
500.000
|
776.100
|
Sekolah
|
Pengembangan bakat dan minat
siswa melalui ekskul
|
BOPDA
|
4.718.550
|
0
|
1.542.600
|
0
|
3.175.950
|
Sekolah
|
Kursus tenaga pendidik dan
kependidikan
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Musyawarah kerja KEPSEK
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Kelompok kerja guru
|
BOPDA
|
2.166.000
|
1.083.000
|
0
|
1.083.000
|
0
|
Sekolah
|
Pegawai tidak tetap
|
BOPDA
|
146.160.000
|
20.880.000
|
20.880.000
|
20.880.000
|
83.520.000
|
Sekolah
|
Belanja alat tulis kantor
|
BOPDA
|
10.037.000
|
5.527.550
|
2.265.750
|
1.822.450
|
421.250
|
sekolah
|
sekolah Belanja pemeliharaan alat
laboratorium
|
BOPDA
|
1.817.000
|
596.750
|
269.750
|
400.250
|
550.250
|
sekolah
|
Belanja pemeliharaan gedung
dan pagar
|
BOPDA
|
16.287.400
|
2.235.800
|
807.600
|
12.953.600
|
290.400
|
sekolah
|
Belanja alat kebersihan dan
bahan
|
BOPDA
|
4.723.650
|
1.838.550
|
968.650
|
869.900
|
1.046.550
|
Sekolah
|
Belanja habis pakai alat
komputer
|
BOPDA
|
5.207.900
|
2.453.950
|
788.250
|
1.090.700
|
875.000
|
Sekolah
|
Belanja habis pakai alat
olahraga
|
BOPDA
|
6.042.000
|
3.439.000
|
750.000
|
530.500
|
1.322.500
|
Sekolah
|
Belanja bahan percontohan
praktik
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Belanja surat kabar
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Belanja mamin harian pegawai
|
BOPDA
|
8.232.400
|
2.036.100
|
2.036.100
|
0
|
2.124.100
|
Sekolah
|
Belanja mamin tamu
|
BOPDA
|
1.076.600
|
269.150
|
269.150
|
269.150
|
269.150
|
sekolah
|
Belanja pemeliharaan alat
kantor
|
BOPDA
|
9.499.750
|
4.599.850
|
597.000
|
2.036.100
|
767.900
|
Sekolah
|
Pengelolaan sarpras
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
3.535.000
|
0
|
Sekolah
|
Supervisi kelas
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
sekolah
|
Pengelolaan BOPDA
|
BOPDA
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sekolah
|
Penyusunan LRAK dan RAPBS
|
BOPDA
|
1.753.100
|
1.533.100
|
40.000
|
140.000
|
40.000
|
Sekolah
|
Sosialisasi dan rapat-rapat
|
BOPDA
|
9.345.600
|
2.336.400
|
2.336.400
|
2.336.400
|
2.336.400
|
Sekolah
|
PPDB
|
BOPDA
|
938.400
|
0
|
0
|
938.400
|
0
|
Sekolah
|
Pengembangan dan implementasi
sistem penilaian
|
BOPDA
|
18.355.750
|
0
|
8.638.000
|
0
|
9.717.750
|
Sekolah
|
Total
|
214.716.000
|
274.989.000
|
53.086.750
|
50.331.550
|
52.652.650
|
118.883.650
|
Anggaran melebihi batas
|
Pagu alokasi triwulan
|
53.679.000
|
53.679.000
|
53.679.000
|
53.679.000
|
E.
Komponen Kebutuhan dan
Belanja Sekolah
No.
|
Kebutuhan
|
Jumlah/tahun dalam rupiah
|
1.
|
Alat tulis kantor
|
10.037.000
|
2.
|
Alat laboratorium pendidikan
|
1.817.000
|
3.
|
belanja pemeliharaan gedung
dan pagar
|
10.350.000
|
4.
|
Alat kebersihan
|
4.723.650
|
5.
|
Alat komputer
|
5.207.900
|
6.
|
Alat olahraga
|
6.042.000
|
7.
|
Belanja mamin harian pegawai
|
8.232.400
|
8.
|
Belanja mamin tamu
|
1.076.600
|
9.
|
Belanja pemeliharaan alat
kantor dan rumah tangga
|
9.499.750
|
BAB II
PEMBAHASAN
1. Bagaimana proses penyusunan
RAPBS?
Jawab: - Kepala sekolah minta para
guru, dan staf sekolah lainnya untuk menyusun program kegiatan sesuai
tanggugjawabnya yang mendukung peningkatan hasil belajar siswa disertai
prediksi dana yang diperlukan
-
Kepala sekolah menyusun tim penyusun RAPBS untuk menyusun
RAPBS dan prioritasnya berdasarkan usulan kegiatan penunjang KBM dan menentukan
alternatif – alternatif sumber pembiayaan
-
Kepala sekolah dan tim penyusun RAAABPS menawarkan RAPBS
tentatif dan menetapkan RAPBS bersama orang tua dan stakeholder lainnya
-
Sekolah dan komite sekolah mensahkan RABPS
Lebih jelasnya
1. Mengidentifikasi kegiatan
yang akan dilakukan
2. Mengidentifikasih sumber –
sumber
3. Semua sumber dinyatakan dalam
bentuk uang
4. Memformulasikan anggaran
sesuai format yang ditentukaan
5. Menyusun usulan anggaran
6. Melakukan revisi usulan
anggaran
7. Persetujuan revisi usulan anggaran
8. Pengesahan angggaran dalam
bentuk RAPBS
2. Siapa yang terlibat dalam
penyusunan RAPBS?
Jawab: proses
penyusunan RAPBS melibatkan guru, bendahara, TU dan wali kelas. Namun,
guru-guru mata bidang belum sepenuhnya terlibat aktif dalam penyusunan RAPBS.
3. Apa peran komite sekolah?
Jawab: dalam hal
ini peran serta komite sekolah hanya memberi masukan masukan tentang anggaran
apa saja yang diperlukan sebagai tokoh masyarakat.
4. Bagaimana partisipasi orang
tua dalam pembiayaan pendidikan?
Jawab: partisipasi
orangtua masih kurang. Karena mereka menganggap sekolah dibiayai oleh BOS atau
BOPDA, sehingga mereka semua masih pasif dalam pembiayaan pendidikan. Padahal BOS dan BOPDA tidak semuanya
mengkover kebutuhan siswa.
5. Apa kendala dan tantangan
yang ditemukan?
Jawab: a. Pasifnya sebagian guru-guru dalam
penyusunan RAPBS.
b. pasifnya peran orangtua murid dalam
pembiayaan pendidikan.
c. BOPDA dan BOS tidak cair tepat waktu.
d. kurang respon wali murid dalam kegiatan
sekolah.
6. Bagaimana mengatasi masalah
tersebut?
Jawab: a. Jika BOPDA dan BOS tidak tepat waktu cair
maka kepala sekolah
mengeluarkan
uangnya untuk mengganti BOPDA guru dan BOS murid
terlebih
dahulu
b. Kepala sekolah
melakukan tranning pada guru-guru dan memberi
contoh yang baik.
c. lebih banyak
membuat kegiatan-kegiatan sekolah seperti kegiatan
memperingati hari pahlawan, sehingga
orangtua ikut berpartisipasi
dalam pembiayaan. Semakin banyak kegiatan
semakin banyak wali
murid yang datang.
7. Bagaimana cara menggali dana
untuk pengembangan sekolah?
Jawab: - sumber dana rutin, untuk gaji &
tunjangan guru, lembur, langganan daya/
jasa (listrik)
-
DAU (Dana Alokasi umum)
-
DAK(Dana Alokasi Khusus)
-
DBO(Dana Bantuan Operasi)
-
APBN
-
APBD
8. Apa pertimbangan dalam
menentukan proyeksi kebutuhan siswa dan guru?
Jawab: Melakukan
rapat dengan semua anggota guru => membahas kebutuhan
siswa dan guru
=> berunding dengan bendahara tentang kebutuhan apa yang
harus dipenuhi terlebih dahulu.
9. Bagaimana cara untuk menumbuhkan
semangat murid-murid?
Jawab: a. Dengan
mengadakan kuis pintar, sehingga murid murid berpacu untuk
belajar dan
berlomba-lomba dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan
b. Dengan
melakukan inovasi-inovasi dalam menyampaikan pelajaran, sehingga murid-murid
tidak bosan saat di ajar.
c.Dengan
membuatkan taman sekolah, agar murid-murid paham dan bisa memelihara lingkungan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Bahwa perencanaan keuangan pendidikan tahun 2014 SDN BABATAN 1 SURABAYA
belum sepenuhnya berjalan sesuai yang di harapkan. Misalnya saja dalam proses
keterlibatan penyusunan RAPBS masih saja ada guru yang pasif atau tidak ikut
serta merta terlibat. Selain itu kurangnya wawasan orang tua murid yang
menganggap bahwa BOS atau BOPDA dapat mengkover semua kebutuhan siswa dalam
proses pembelajaran sehingga mereka pasif dalam penyelenggaraan biaya sekolah.
Kendala lain yaitu BOS dan BOPDA tidak cair tepat waktu. Untuk mengatasi
masalah tersebut dengan kepala sekolah mengeluarkan uangnya untuk mengganti
BOPDA guru dan BOS murid terlebih dahulu, selain itu juga mengadakan kegiatan
kegiatan sekolah agar orangtua murid dapat berpartisipasi didalamnya. Dengan
mengatasi kendala-kendala dengan cara tersebut sekolah mengharapkan perubahan
yang lebih baik.
No comments:
Post a Comment