No
|
TEORI
|
PROPOSISI
|
KONSEP
|
ILMUAN
|
REFERENSI
|
1.
|
Fungsionalisme
|
Stratifikasi
timbul dari kebutuhan fungsional dasar untuk terciptanya tatanan kehidupan
sosial, sehingga stratifikasi sangat penting dan mutlak dalam kehidupan
masyarakat.
|
Stratifikasi
|
-
Kingsley dawis
-
Wilbert Moore(1945)
|
Stephen K. Sanderson, Makrososiologi sebuah pendekatan terhadap
realitas sosiologi. Jakarta, rajawali pers, 2011.Hal : 279
|
2.
|
Evolusioner
|
Evolusi
sosial secara umum terjadi karena sifat kecenderungan masyarakat untuk
berkembang yang disebutnya sebagai kapasitas adaptif
|
Kapasitas
adaptif(kemampuan masyarakat untuk merespon lingkungan & mengatasi
beragai masalah yang selalu dihadapi manusia sebagai makhluk sosial)
|
Talcot Person
(1966 - 1977)
|
Stephen K. Sanderson, Makrososiologi sebuah pendekatan terhadap
realitas sosiologi. Jakarta, rajawali pers, 2011.Hal : 157
|
3.
|
Surplus Lenski
|
Stratifikasi
muncul akibat surplus ekonomi hal itu disebabkan oleh kemajuan teknologi jika
terjadi surplus individu dan kelompokakan bersaing menguasainya dan akan
muncul pemenag . Makin besar surplus makin keras persaingan terjadi dalam
sistem stratifikasi yang terbentuk lebih terabolasi
|
Surplus
|
Gerhald Lenski , dkk(1966)
|
Stephen K. Sanderson, Makrososiologi sebuah pendekatan terhadap
realitas sosiologi. Jakarta, rajawali pers, 2011.Hal : 162
|
4.
|
irigasi
|
Untuk
membangun dan mengelelola sistem irigasi memerlukan tingkat organisasi sosial
tertentu, yang akhirnya melahirkan peradaban
|
Organisasi
sosial
|
Karl Wittfagel
|
William A. Haviland.antropologi. Jakarta, Erlangga, Hal :
316
|
5.
|
Teori praksis
|
konsep
praksis
menekankan
adanya hubungan timbal balik
antara si
pelaku dan ‘struktur obyektif’ atau
‘kebudayaan’
sebagai keseluruhan pengetahu-
an yang
diwariskan dari generasi ke generasi
dalam
bentuk simbolik
|
Hubungan
timbal - balik
|
Bourdieu
|
diakses
pada tanggal 12/10/2013
|
6.
|
Fungsionalisme Malinowski
|
Mengembangkan
suatu kerangka teori baru untuk menganalisa fungsi dari kebudayaan manusia
yang berarti segala aktivitas kebudayaan itu sebenarnya bermaksud memuaska
suatu rangkaian dari sejumlah kebutuhan naluri makhluk manusia yang
berhubungan dengan seluruh kehidupannya.
|
Menganalisa
teori
|
Bronislaw Malinowski
(1884 - 1942)
|
Koentjaraningrat. Sejarah teori antropologi I. Jakarta. Universitas Indonesia(UI -
Perss), Hal : 162
|
7.
|
Strukturalisme Radcliffe - Brown
|
Struktur
sosial dapat juga dipakai sebagai kriterium untuk menentukan batas dari suatu
sistem sosial atau suatu kesatuan masyarakat sebagai organisma.
|
Kriterium
|
A.R. Radcliffe - Brown
(1881 - 1955)
|
Koentjaraningrat. Sejarah teori antropologi I. Jakarta, Universitas Indonesia(UI - Perss), Hal :
181
|
8.
|
Sistem dunia
|
Asal
mula perekonomian dunia kontemporer dalam rangka menjelaskan asal – usul dan
proses kapitalisme, revolusi industri dan hubungan yang rumit antara negara –
negara dunia pertama, kedua dan ketiga yang melalui perkembangan transformasi
sosial, politik dan budaya menuju bentuk organisasi global dengan pendekatan
interdisipliner.
|
Historis
pertumbuhan sistem dunia dan berbagai proses kontemporer didalamnya.
|
Immanuel wallerstein
|
Prof. Ramlan surbakti, Ph. D, MA, DKK.
Anatomi perkembangan teori sosial. Yogyakarta,
Aditya Medita, Hal : 1 – 20
|
9.
|
Tata bahasa Transformasional –
generatif
|
Terdapat
sejumlah aturan yang menjaddi dasar benttuk – bentuk tata bahasa kalimat dan
disebut struuktur dalam(deep struktur) yaitu yang melahirkan tutur bahasa
yang sebenarnya yang diungkapkan dalam struktur permukaan.
|
Penyusunan
kalimat
|
Noam Chomsky
|
Koentjaraningrat. Sejarah teori antropologi I. Jakarta, Universitas Indonesia(UI -
Perss), Hal : 394
|
10.
|
Kompetensi interpersonal
|
Kompetensi(kecakapan)interpersonal
sebagai kemampuan kita untuk menyelesaikan tugas – tugas interpersonal dengan
cara mengontrol dan membentuk respon – respon dari pihak lain
|
respon
|
weinstein
|
Prof. Dr. Hj. Nina W. Syam, M.S. sosiologi komunikasi. Bandung,
Humaniora, Hal : 158
|
11.
|
Pendidikan Liberalisme
|
Model
pendidikan yang dilaksanakan dan dijauhkan dari pikiran doktrin dan berusaha
menghilangkan tradisi – tradisi pengekangan terhadap individu, jadi tujuan
pendidikan liberal kembali pada individu dan nasib tiap – tiap individu tidak
dilihat sebagai produk sosial atau hubungan sosial dan bisa disebut juga
pendidikan liberalisme mengembangkan mental individualisme
|
individualisme
|
Martha Nussbaum
|
Nurani soyomukti. teori teori pendidikan. Yogyakarta, Ar – ruzz. Hal : 191
|
12.
|
Kepribadian aktualisasi diri
|
Menyeruhkan
kebebasan memilih dengan pengarahan sebagai suatu dorongan untuk memilih
suatu tingkatan yang lebih tinggi dari pertumbuhan melalui pengetahuan
potensi diri.
|
Pengarahan
potensi diri
|
Abraham Maslow
|
Bernard poduska. 4 teori kepribadian. Jakarta, Restu agung, Hal : 126
|
13.
|
Conditioning
|
Belajar
adalah suatu proses perubahan yang terjadi karena adanya syarat – syarat
(conditions) yang kemudian menimbulkan respon. Yang terpenting dalam belajar
menurut teori ini adalah adanya latihan – latihan yang kontinu dan kebiasaan terhadap syarat – syarat atau
perangsang – perangsang tertentuyang dialaminya dalam dunia pendidikan
|
Conditioning(syarat
– syarat)
|
Pavlov
|
Drs. Alex sobur, M.Si. psikologi umum. Jakarta, pustaka
setia, Hal : 223
|
14.
|
Kepribadian Moreno
|
Peran
perilaku yang dipelajari individu saat ia berkembang dan kemudianmenyatu
menjadi pribaddi tersebut. Peran asli sejak dini di pengaruhi oleh ayah dan
ibu hal tersebut dapat dilihat melalui pengamatan terhadap perilaku normal.
|
pengamatan
|
Moreno(1943)
|
Johana E. Prawitasari. Psikologi klinis. Jakarta, Erlangga,
Hal : 170
|
15.
|
Kepribadian
|
Sebagai
suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem, yakni id, ego dan super ego,
tingkah laku tidak lain merupakan hasil dari konflik. Ketiga sitem
kepribadian tersebut biasanya
dipengaruhi oleh hal – hal atau kejadian – kejadian yang muncul sekarang.
|
Tingkah
laku
|
Sigmund freud
|
E. koeswara. Teori – teori kepribadian. Bandung, PT. Eresco, Hal : 11
|
16.
|
Gravitasi
|
Planet
tidak bergerak lurus, namun mengikuti lintasan elips, karena adanya pengaruh
gravitasi yaitu kekuatan yang selalu akan timbul jika ada dua benda
berdekatan sehingga menimbulkan pergerakan yaitu saling tarik menarik
|
pergerakan
|
Isaaac Newton
|
Drs. H. A. Fuad Ihsan. Filsafat ilm. Jakarta, Rineka Cipta, Hal : 206
|
17.
|
Psikologi Gestalt
|
Belajar
bukan sekedar proses asosiasi antara stimulus – respon yang kian lama kian
kuat, disebabkan adanya berbagai latihan atau ulangan – ulangan. Jadi belajar
itu apabila terdapat pengertian/ pemahaman suatu permasalahan.
|
pemahaman
|
Wolfgang Kohler
|
Drs. Alex sobur, M.Si. psikologi umum. Jakarta, pustaka
setia, Hal : 234
|
18.
|
Dramaturgi
|
Kehidupan
ini ibarat teater interaksi sosialyang mirip dengan pertunjukan diatas
panggung yang menampilkan peran sosialnya yang dimainkan para aktor.
|
Peran
sosial
|
Erving Goffman
|
Marhaini fajar. ilmu komunikasi dan praktek. Jakarta, Graha ilmu, Hal : 167
|
19.
|
Tindakan komunikatif
|
Masyarakat
akan berkembang bukan kearah kekuasaan tapi kearah komunikasi rasionalitas
bukan lagi teknis dan instrumental tapi kearah komunikasi. Rasionalitas
mendorong manusia melakukan perbuatan komunikatif untuk meraih pengertian
satu sama lain sehingga tercipta masyarakat yang komunikatif yang anggotanya
saling berelasi untuk mencapai saling pengertian.
|
Rasionalitas
(jelas, benar, jujur dan betul)
|
Jurgen Habermas
|
Marhaini fajar. ilmu komunikasi dan praktek. Jakarta, Graha ilmu, Hal : 321
|
20.
|
Perbedaan – perbedaaan individu
|
Setiap
individu memiliki kepribadian masing – masing yang akan mempengaruhi juga
perilaku mereka dalam menanggapi sesuatu, hal tersebut berdasarkan pada
pengaruh media terhadap individu akan berbeda satu sama lain disebabkan
adanya perbedaan psikologi antar individu.
|
Pengaruh
media
|
Liliweri(1991)
|
Marhaini fajar. ilmu komunikasi dan praktek. Jakarta, Graha ilmu, Hal : 253 – 254
|
Pemanfaatan Tugas – Tugas Pribadi Yang Didapat Dalam Lingkup Sekolah Maupun Kampus, SEMOGA BERMANFAAT....
Labels
- ARTIKEL (7)
- SEMESTER 4 (8)
- SEMESTER 5 (3)
- TUGAS KULIAH SEMESTER 1 (22)
- TUGAS KULIAH SEMESTER 3 (3)
- TUGAS SEKOLAH (SMA) (5)
Sunday, December 1, 2013
Tugas individu sosiologi dan antropologi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment